Rahasia Baterai Awet Hingga Ratusan Tahun Ditemukan Oleh Ilmuwan

Rahasia Baterai Awet Hingga Ratusan Tahun Ditemukan Oleh Ilmuwan


Tahukah kamu, apa ketakutan utama sebagian pengguna smartphone? Takut jika baterai smartphone-nya habis. Maka tidak heran jika akhir-akhir ini beredar segala jenis power bank. Tapi sampai kapan mau mengandalkan power bank? Bisa-bisa baterai smartphone cepat rusak karena sering diisi ulang.

Sejauh ini baterai Li-Ion atau Li-Po memiliki siklus baterai hingga 500-1000 kali, atau setara 5000 hingga 7000 kali isi ulang yakni sekitar 3-4 tahun. Tapi baru-baru ini peneliti menemukan rahasia awet baterai yang bisa bertahan hingga 400 kali lebih lama.
Baca Juga: Cara Menyalakan Hp Tanpa Menekan Tombol Power

Rahasia Baterai Awet

Selama ini untuk menghemat baterai smartphone kita sering melakukannya dengan bantuan aplikasi penghemat baterai. Tapi, jika siklus umur baterainya telah habis, maka baterai akan aus dan rusak. Nah, baru-baru ini ilmuwan asal Universitas Irvine, Amerika Serikat mengembangkan baterai yang bisa bertahan lama. Siklus hidup baterai ini diklaim bisa bertahan hingga 200.000 kali proses isi ulang! Jadi, baterai ini akan awet untuk penggunaan hingga lebih dari 100 tahun.

rahasia baterai awet hingga 400 tahun

Baca Juga: Kode-kode Rahasia di Android
Uniknya, penemuan baterai ini rupanya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Mya Le Thai yang sedang bereksprrimen dengan kawat emas nano. Nah, saat kawat ini dilapisi dengan gel elektrolit serupa Plexiglas, rupanya kawat emas nano ini kembali ke bentuknya semula walau berkali-kali digunakan dengan aliran listrik. Dengan penemuan ini, dikembangkanlah baterai yang menggunakan kawat emas nano berlapis Plexiglas.
rahasia baterai awet hingga 400 tahun
Baca Juga: Penderita HIV Disembuhkan Pertama Kalinya!
Sayangnya biaya material yang mahal menjadi kendala dalam memproduksi baterai panjang umur ini. Padahal, jika suatu saat baterai ini bisa dikembangkan untuk produksi massal, maka jelas sangat bermanfaat dan akan menjadi penemuan besar yang bermanfaat bukan hanya untuk pasar smartphone, tapi juga perangkat elektronik lainnya.

Semoga Bermanfaat ^_^
sumber: https://jalantikus.com/news/rahasia-baterai-awet/?utm_source=Technews&utm_medium=Menu%20Hover&utm_campaign=Menu

Berlangganan artikel lewat E-mail

Artikel Lainnya

Selanjutnya
« Artikel Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

- Dilarang menyertakan link hidup!, Spam tidak diperbolehkan!
- Untuk berkomentar gunakan bahasa yang sopan,, tidak kasar, dan mudah dimengerti EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.